Home » , , » Tips memilih telur ayam kampung asli

Tips memilih telur ayam kampung asli

Hati-hati saat membeli telur ayam kampung, baik yang untuk di konsumsi langsung, maupun yang digunakan sebagai campuran obat tradisional.

Telur ayam kampung asli dihasilkan oleh ayam kampung yang diternak secara liar. Tidak diberi pakan khusus sehingga ayam makan bijian, serangga, daun yang ada di sekitarnya. Jumlah telur yang dihasilkan juga tak pasti.

Gambar dari Google Images
Belakangan orang mulai menernakkan ayam kampung dalam kandang. Diberi pakan ayam ternak dengan tambahan suplemen untuk memperbanyak produksi telurnya. Hasilnya ukuran dan bentuk telur akan seragam.

Untuk mendapatkan telur ayam kampung asli tidak sulit. Warna cangkangnya putih hingga krem. Kulitnya licin dengan ukuran yang tidak sama. Jika dipecahkan, kuning telurnya berwarna kuning agak tua hingga oranye. Harga jualnya berkisar Rp 2000-2500 per butir (Tergantung lokasi dan pasar).

Sedangkan telur ayam kampung hasil ternakan umumnya kulitnya sedikit kasar, warnanya putih merata. Ukurannya seragam. Jika dipecahkan, kuning telurnya berwarna kuning pucat. Harga telurnya berkisar Rp 1.000 per butir (Tergantung lokasi dan pasar).

Namun, di pasaran juga ada telur ayam kampung palsu. Biasanya dipakai telur ayam negeri yang berukuran kecil. Telur ini dimasak dengan air yang diberi chlorine atau pemutih hingga cangkangnya menjadi putih bersih mirip ayam kampung.

Sumber: Berbagai Sumber

Terima kasih sudah mengunjungi blog Ayam Kampung Super ini
Semiga informasi yang ada bisa bermafaat

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS