Home » , , , , » Tips - Mencegah Perkelahian antar Ayam Kampung

Tips - Mencegah Perkelahian antar Ayam Kampung

Bagi peternak ayam kampung, sudah bukan hal yang aneh lagi kalo melihat peliharaannya saling berkelahi satu-sama lain. hal ini tentu saja merugikan bagi peternak, karena ayam akan mengalami luka-luka, nafsumakannya berkurang, terjadi kekacauan di kandang dan lain sebagainnya.

Hal ini tentu saja harus segera di atasi, agar ternak ayam kita menjadi lancar. Ada beberapa alternatif untuk mencegah ayam saling serang (berkelahi/mematuk satu sama lain). Diantaranya dengan memberikan daun pepaya, merupakan cara tradisional dan yang paling murah biaya.

Cara lain adalah dengan menggunakan mesin/alat potong paruh (debeaker) untuk memotong paruh ayam dan cakar (jalu). Ingat, yang dipotong hanya sebagian kecil! Sekitar 1-2 mm. Dengan paruh yang tumpul, sekarang ayam yang anda budidayakan tidak akan saling patuk lagi. atau kalaupun masih saling patuk, efek yang di timbulkan tidak akan terlalu buruk.

Koq Bisa Ya??

Menurut beberapa sumber, dengan memotong paruh, nafsu makan ayam akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan indra ayam untuk memilih makanan berbentuk butiran menjadi tumpul, karena indra ini berada diujung paruh. Akibatnya, ayam tidak akan memilih-milih makanan lagi. Selain itu pakan yang tercecer menjadi lebih berkurang karena luas penampang paruh ayam lebih lebar dan lagi tidak memilih2 makanan.

Nah, silahkan di coba untuk di aplikasikan di peternakan anda, selamat mencoba....

Terima kasih sudah mengunjungi blog Ayam Kampung Super ini
Semiga informasi yang ada bisa bermafaat

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS